3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik

3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik - Hallo sahabat Hoardoftrends, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sumber Probiotik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan terhadap kesehatan, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah mikroflora yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria.

Probiotik yang dikenal orang diantaranya Bakteri Lactobacillus, Streptococcus, dan Bifidobacterium. Fungsi probiotik sangat beragam. Ada yang membantu penyerapan nutrisi, ada yang dapat memproduksi vitamin, ada yang membantu melawan pertumbuhan bakteri jahat, dan ada juga yang berperan dalam ekosistem usus.

sumber makanan probiotik

Sumber probiotik adalah makanan dan minuman yang sudah mengalami proses fermentasi oleh bakteri asam laktat. Proses fermentasi ini akan meningkatkan kandungan gizi makanan dan minuman yang difermentasi, terutama kandungan vitamin B kompleks (B3, B5, B6, B9, dan B12). Selain itu juga dapat membuat makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Berikut beberapa contoh makanan dan minuman probiotik: 

Makanan dan Minuman Sumber probiotik

Yogurt 
Yogurt

Yogurt merupakan jenis makanan probiotik yang berasal dari hasil fermentasi susu yang mengandung bakteri baik Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus ther-mopillus, teksturnya kental sampai agak padat bergumpal-gumpal. Makanan ini adalah salah satu jenis makanan tradisional penduduk daerah turki dan timur tengah. 

Kefir 
Kefir

Meskipun kefir dan yogurt memiliki kesamaan yaitu sama-sama hasil fermentasi susu, keduanya mengandung jenis bakteri baik yang berbeda. Selain bakteri probiotik, kefir juga mengandung ragi yang berkhasiat seperti Saccharomyces kefir dan Torula kefir. Adanya fermentasi ganda dari bakteri dan ragi menghasilkan asam laktat, karbondioksida, dan sedikit alkohol dalam kefir. Hal inilah yang membuat beda antara rasa kefir dan yogurt. Rasa asam pada kefir begitu terasa menggigit di lidah seperti soft drink. Konsistensi kefir juga lebih cair dibandingkan dengan konsistensi yogurt, tapi lebih kental daripada susu. 

Kimchi 
Kimchi

Kimchi adalah makanan khas Korea yang berasal dari hasil fermantasi kol, rasanya sangat pedas karena menggunakan campuran lada merah dan biasanya dimakan dengan nasi. Kimchi mengandung bakteri baik Lactobacillus yang merupakan probiotik penting bagi kesehatan tubuh.

Itulah 3 sumber probiotik yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Makanlah makanan yang sehat dan hindari makanan instant yang mengandung bahan pengawet agar kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.


Demikianlah Artikel 3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik

Sekianlah artikel 3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik dengan alamat link http://hoardoftrends.blogspot.com/2016/02/3-makanan-dan-minuman-sumber-probiotik.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Makanan dan Minuman Sumber probiotik