10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH

10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH - Hallo sahabat Hoardoftrends, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Kolesterol, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak dalam tubuh, kolesterol tentunya memiliki beragam fungsi di dalam tubuh. Namun, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami peningkatan atau tinggi. Maka hal ini bisa menjadi masalah yang serius bagi kesehatan tubuh seseorang. Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh:

makanan penurun kadar kolesterol

Makanan Penurun Kadar Kolesterol

1. Kacang-kacangan
Kenari, almond dan kacang-kacangan lainnya dapat mengurangi kolesterol darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan beberapa kenari setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda sebanyak 27 persen. Menurut lembaga pengawasan obat dan makanan AS (FDA), memakan sekitar segenggam (42,5 gram) kacang almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, kacang pinus, kacang pistachio dan walnut, dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh.

2. Teh Hijau
Penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Tomat
Meminum dua gelas jus tomat sehari menurunkan kolesterol jahat dari tubuh Anda secara signifikan.
Sedangkan, menurut laporan riset yang dimuat jurnal Maturitas, makanan dari tomat yang sudah dimasak seperti pasta ternyata memiliki khasiat yang nyaris sama seperti obat kimia penurun Kolesterol. Peneliti menekankan, tomat yang sudah dimasak adalah sumber terbaik. Hal itu telah dibuktikan dalam penelitan di mana tubuh dapat menyerap lebih banyak likopen dari tomat masak daripada tomat yang belum di masak.

4. Buah Anggur
Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.
Zat pektin yang kadarnya cukup tinggi dalam anggur berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah. Flavanoid, zat antioksidan yang terdapat pada kulit buah anggur ternyata mampu manghambat oksidasi LDL/ kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah. WHO menggolongkan anggur sebagai buah sehat penurun kolesterol karena tingginya kandungan serat yang larut dalam air (soluble fiber) seperti : wortel, jeruk dan apel)

5. Blueberry
Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.

6. Produk Kedelai
Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.
Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai, mampu menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin dipercaya menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Bawang putih
Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.

8. Alpukat
Lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.
Buah alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serat, senyawa penghambat penyerapan kolesterol (pitosterol), serta antioksidan yang dapat turut mencegah penyakit jantung (polifenol).

9. Buah delima
Sebuah studi oleh National Academy of Sciences (AS) menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.

10. Yogurt dengan probiotik
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.

Selainmengonsumsi makanan penurun kolesterol jahat hal yang harus anda lakukan adalah membatasi asupan lemak jenuh dalam tubuh. Lemak jenuh dapat berasal dari lemak hewan seperti kulit unggas, produk susu, dan daging merah serta lainnya. Batasilah asupan makanan ini karena dapat memicu terjadinya produksi kolesterol serta akan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan memilih menu diet yang mengandung rendah kolesterol maka hal ini akan mampu mencegah kolesterol tinggi.


Demikianlah Artikel 10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH

Sekianlah artikel 10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH dengan alamat link http://hoardoftrends.blogspot.com/2016/02/10-makanan-penurun-kadar-kolesterol.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 MAKANAN PENURUN KADAR KOLESTEROL JAHAT DALAM TUBUH